Thursday, May 12, 2016

PERMASALAHAN SILINDER

a.         Analisis gangguan

Semua excavator menggunakan silinder hidrolik untuk menggerakan bucket, arm dan boom. Silinder hidrolik digunakan untuk mempermudah atau mempercepat sistem kerja di excavator. Di silinder hidrolik terjadi buka tutup piston silinder yang memompa dan menekan oli hidrolik untuk menghasilkan gerak sesuai yang di inginkan oleh operator. Jika di silinder hidrolik terjadi kebocoran di seal silinder hidrolik maka pekerjaan tidak berjalan optimal. Hal ini berarti sistem hidrolik tidak bisa bekerja.

Jika diduga adanya kerusakan pada silinder hidrolik maka analisis gangguan tersebut terletak pada hal-hal berikut ini:

1.        Rod silinder mengalami cacat/tergores

2.        Minyak pelumas yang tidak mencukupi

3.        Minyak pelumas bocor
4.        Seal silinder hidrolik rusak
5.        Piston tidak bekerja dengan baik
Jika dicurigai gangguan silinder hidrolik terletak pada rod silinder dan seal silinder hidrolik, cara pemeriksaan nya dapat dilakukan dengan membuka hose dan melepas rod silinder, apakah rod silinder mengalami cacat dan apakah seal silinder mengalami kerusakan. Jika memang kenyataanya cacat/rusak, harus direpair/diganti dengan yang baru.
Kerusakan ini mungkin pula disebabkan minyak pelumas berkurang dari keadaan normal. Jumlah minyak pelumas harus sesuai dengan ukuran. Ukuran disesuaikan dengan jenis excavator. Oleh sebab itu, dapat ditambahkan minyak pelumas jika minyak pelumas kurang agar excavator bisa bekerja secara optimal. Adapun gangguan yang paling sering mencolok dan sering terjadi adalah kebocoran minyak pelumas pada silinder hidrolik bucket dan pipa-pipa lainya. Hal ini bisa kita lihat jika kita melakukan pemeriksaan. Kebocoran minyak pelumas biasanya tampak adanya tetesan pada silinder hidrolik. Gangguan ini disebabkan adanya seal yang rusak atau ada bagian pipa yang pecah. Sebaiknya untuk mengatasi ini, dilakukan penggantian atau repair.

b.        Penanganan
1.        Jika silinder hidrolik mengalami kebocoran, jangan dahulu melakukan pembongkaran pada silinder hidrolik. Cari tahu dulu penyebab kebocoran sering terjadi, pertama cek apakah rod silinder mengalami kelecetan. Sering kali rod silinder lecet membuat seal rusak dan mengalami kebocoran.
2.        Ada juga kemungkinan kekurangan oli yang menyebabkan silinder hidrolik rusak karena pada selang-selang (hose) silinder hidrolik mengalami kebocoran di seal pipa-pipa. Dan mengakibatkan rod silinder lecet kekurangan pelumas.
3.        Gunakan pengukur tekanan untuk mengukur apakah sistem hidrolik punya tekanan yang cukup. Walaupun ada cairan pelumas/ oli hidrolik, tapi jika tekanan kurang, maka sistem hidrolik tidak bekerja secara optimal.
4.        Tentukan apakah piston silinder hidrolik bekerja dengan baik. Jika piston silinder hidrolik tidak bekerja dengan baik maka tenaga yang dihasilkan dalam usaha silinder hidrolik tidak optimal.
5.        Cek apakah pin pada silinder hidrolik masih dalam keadaan bagus/tidak aus, jika pin dalam keadaan aus ini terjadi karena telat memberi pelumas pada pin silinder hidrolik, ini bisa terjadi putusnya rod silinder pada silinder hidrolik.
6.        Terakhir, memperbaiki sistem hidrolik / silinder hidrolik yang tidak bekerja secara optimal adalah pekerjaan yang cukup membutuhkan ilmu yang tinggi. Tidak ada salahnya anda meminta bantuan kepada mekanik yang profesional atau sudah mahir di bidang sistem hidrolik.

17 comments:

  1. Kenapa di bagian silinder rod arm sering bunyi bunyi ketika mengadakan tarik dan dorong..?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Itu mungkin kurang Grease pada pin silinder boom om

      Delete
  2. Kenapa boom turun nya ngejut ngejut apa masalah nya.?
    Mohon info nya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Banyak faktor penyebab hal itu terjadi , bisa di spool control Valve boom yg bermasalah
      Bisa juga di sekitaran hose dan cylinder boom mengalami internal leak

      Delete
  3. Gan, apa solusinya untuk Boom tidak bisa turun/in. Pada Kobelco SK 350

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gimana keadaan silinder boom nya ? Spool control Valve untuk boom in? Coba di cek dulu silinder boom ada kebocoran atau spool boom ada kotoran ,mungkin

      Delete
    2. Maaap kalau alat zoomlion z205 boom nya turun cepat jatuh boom nya akibat nya pah yah

      Delete
  4. Gan knp ciliner boom pada ekshavator komatsu pc 200-7 gk bisa turun...

    ReplyDelete
  5. Kenapa arm buka dan tutup kadang macet ya

    ReplyDelete
  6. Kenapa boom dan arm klau di gerakan ngejut nya kencang sedangkan RPM rendah...kira2 apa penyebabnya.. terima kasih..gan

    ReplyDelete
  7. bos hendak bertanya boleh???
    kenapa boom, arm, bucket, turun sendiri ketika di rise, terima kasih bos

    ReplyDelete
  8. Boom volvo ec 210 blc terkadang ga mau turun kenapa ya?

    ReplyDelete
  9. Hitachi 110 zaxis arm ( in ) tidak berfungsi apa ya penyebabnya ? Mohon pencerahannya trims..

    ReplyDelete
  10. Bg rod silinder lendy PC 200-1 LECET, BERAPA Y KIRA2 JASA HARD CROMENYA

    ReplyDelete
  11. Rod silinder stick arm lecet gan ,jasa hard crhomenya kira² habis berapa y bg

    ReplyDelete
  12. Gimana cara perawatan untuk silinder bucket agar tetap terjaga kehandalan nya.karna silinder bucket kan sngat berperan karna selalu berurusan dg kayu lumpur batu dll.?

    ReplyDelete
  13. Gan , kenapa bum masih lemah , padahal pompa baru di ganti dalaman palev dah servis kenapa bum aja yg lemah solusi gan mohon bantuannya semoga bnyak rejeki

    ReplyDelete